PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI TOKO MUNAYA BANYUURIP PURWOREJO
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara harga dan kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Munaya Banyuurip Purworejo baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini selama 1 bulan dengan populasi sebanyak 900 pelanggan, dan menggunakan rumus slovin diperoleh sampel berjumlah 90 pelanggan. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi parsial dan korelasi ganda. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan variabel harga, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan tergolong sangat baik dengan persentase terbesar 58,89 %, 66,67 %, dan 83,33 %. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan (1)variabel harga memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 14,67% (rx1y=0,383;thitung 3,869;sig≤0,05), (2)variabel kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 25,70% rx2y=0,507;thitung 5,484;sig≤ 0,05), (3)variabel harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama (simultan) memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 44,00% (R=0,663;R2=0,440;sig≤0,05). Hasil uji regresi ganda yaitu Y=14,612+0,237X1+0,372X2. Pengaruh semua variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 44,00% dan sisanya 56,00% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci : Harga,Kualitas Pelayanan,Kepuasan Pelanggan
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: