PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 PURWOREJO

Wahyu Nugraheni

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara individual maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X  di SMA Negeri 5 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 96 siswa. Sampel penelitian berjumlah 75 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.Pengumpulan data menggunakan metode angket dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif korelasi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan keluarga kategori baik (56%), motivasi belajar kategori tinggi (49,30%) dan prestasi belajar siswa kategori baik (97.30%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara individual maupun secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: