PENGARUH HASIL MICRO TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA MAGANG III PRODI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2014 UM PURWOREJO

Eti Yuliani

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil micro teaching terhadap kemampuan mengajar mahasiswa magang III prodi pendidikan ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2014 dengan jumlah populasi 76 mahasiswa. Penentuan sampel menggunakan tabel Slovin dengan tingkat kesalahan 10% sejumlah 44 mahasiswa dengan pengambilan sampel secara acak/ random sampling . Pengumpulan data menggunakan analisis dokumen nilai micro teaching dan nilai kemampuan mengajar mahasiswa magang III prodi pendidikan ekonomi angkatan 2014. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa micro teaching mahasiswa prodi pendidikan ekonomi dikategorikan sangat baik sekali (61,40%), sedangkan kemampuan mengajar mahasiswa magang III prodi pendidikan ekonomi dikategorikan sangat baik sekali (52,30%). Hasil analisis regresi sederhana menunjukan bahwa adanya pengaruh dan tidak signifikan antara hasil micro teaching terhadap kemampuan mengajar mahasiswa magang III pendidikan ekonomi angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Purworejo (r = 0,120; t = – 0,785; sig = 0,437 > 0,05).

Kata kunci : micro teaching, kemampuan mengajar

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: