PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN IKLIM KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PURWOREJO

Roy Wisnu Murti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang  positif dan signifikan literasi ekonomi dan iklim kelas secara sendiri-sendiri ataupun bersama-sama  terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS dan XI IBB SMA Negeri 1 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 96 siswa, jumlah sampel yang diambil 75 siswa, ditentukan berdasarkan tabel krejie dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Random Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan analisis dokumen. Untuk uji validitas menggunakan validitas konstruk dan reliabilitasnya dengan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa literasi ekonomi berada pada kategori tinggi (42,70%), iklim kelas pada kategori cukup (64%) dan hasil belajar pada kategori baik (73,30%). Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi ekonomi dengan hasil belajar sebesar 15,30% (r= 0,392 ; thitung = 3,614, sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan iklim kelas dengan hasil belajar sebesar 30,50% (r = 0,553; thitung = 5,625, sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi ekonomi dan iklim kelas secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 46% (R= 0,678; Fhitung = 30,617; sig ≤ 0,05) dan sisanya 54% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci : literasi ekonomi, iklim kelas, dan hasil belajar.

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: