PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN AJARAN 2017/2018

Vian Ari Arnada

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa menggunakan metode two stay two stray pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Purworejo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 20 siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Teknik tes berupa tes uraian untuk mengetahui prestasi siswa. Dalam analisis data, digunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengecek keabsahan data, digunakan teknik validitas data melalui triangulasi. Dalam penyajian analisis data menggunakan media informal. Hasil dari penelitian ini menunjukan ada peningkatan prestasi belajar siswa dengan metode two stay two stray pada tahap prasiklus dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 13,25, pada siklus I meningkat menjadi 46,25, dan meningkat lagi menjadi 87 pada siklus II. Siswa yang tuntas pada tahap prasiklus tidak ada, pada tahap siklus I meningkat menjadi 2 siswa, dan meningkat lagi menjadi 20 siswa pada tahap siklus II. Dengan demikian, metode two stay two stray dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

 

Kata kunci: prestasi belajar, metode two stay two stray.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: