PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWAPADA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 5 PURWOREJO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa (2) pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa dan (3) pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dan minat belajarsecara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 5. Populasi di SMA Negeri 5 Purworejo berjumlah 96 siswa. Sampel penelitian berjumlah 75 siswa.Dalam penentuan jumlah sampel di butuhkan tableKrejcie, Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen dengan skala Likert yang masing-masing sudah di uji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.analisis data menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda.Hasil analisis deskriptif menunjukkan persentase tertinggi variabel kompetensi guru berada pada kategori tinggi (66,70%), variabel minat belajar siswa pada kategori tinggi (62,70%) dan variabel prestasi belajar pada kategori baik (65,30%). Hasil analisis kuantitatif menujukkan bahwa kompetensi guru, minat belajar secara parsial maupun bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
Kata kunci: kompetensi guru, minat belajar, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: