PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK NEGERI 8 PURWOREJO

Yuni Suhartini

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang  positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan keharmonisan keluarga terhadap hasil belajar, baik secara parsial maupun bersama-sama. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 8 Purworejo yang berjumlah 64 siswa. Sampel penelitian berjumlah 55 siswa, metode pengumpulan data menggunakan analisis dokumen, dan metode angket. Analisis data menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda. Hasil analisis kuantitatif disimpulkan adapengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar kewirausahaan sebesar 17,97% (rx1y= 0,424; thitung = 3,375; sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keharmonisan keluarga dengan hasil belajar kewirausahaan sebesar 14,60% (rx1y= 0,383; thitung = 2,992; sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan keharmonisan keluarga secara bersama-sama terhadap hasil belajar kewirausahaan sebesar 44,10% (R= 0,664; Fhitung = 20,484; sig ≤ 0,05) dan sisanya 55,90% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

 

Kata kunci: Kecerdasan emosional, keharmonisan keluarga, hasil belajar.

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: