PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI TKR2 DI SMK PN 2 PURWOREJO

Tri Ulfah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI TKR 2 di SMK PN 2 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian sebanyak 105 siswa. Sampel mengacu pada tabel dari Issac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5% di peroleh 78 siswa. Pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan profesionalisme guru di SMK PN 2 Purworejo pada kategoris angat baik 44,87%, lingkungan sekolah pada kategori baik 57,70% dan prestasi belajar pada kategori baik 51,28%. hasil analisis kuantitatif menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 38,93% (rx1y = 0,624; t = 6,921; sig < 0,05), ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa sebesar 32,71% (rx2y = 0,3271; t = 6,034; sig < 0,05), ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara profesionalisme guru dan lingkungan sekolah sebesar 64,20% (R = 0,801; F = 67,301; sig < 0,05) terhadap prestasi belajar. Berarti hipotesis di terima.

Kata Kunci :profesionalisme, lingkungan sekolah, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: