PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK N 3 PURWOREJOKABUPATEN PURWOREJO

Widayanti Widayanti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat dan perhatian orang tua baik secara sendiri-sendiri maupun secara besama-sama terhadap pretasi belajar siswa kelas XI SMK N 3 Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan analisis dokumentasi.  Berdasarkan analisis deskriptif bahwa minat belajar berada pada kategori baik 59,97%, perhatian orang tua pada kategori baik 61,62%, dan prestasil belajar siswa pada kategori baik 31,39%. Berdasarkan analisis kuatitatif (1) pengaruh minat belajar sebesar  21,16% ( rx1y = 0,460; sig < 0,05; t = 4,718) (2) pengaruh perhatian orang tua sebesar 11,28% ( rx2y =0,337; sig < 0,05;t= 3,258 (3) hasil analisis regresi ganda 32,26%, diperoleh koefisien regresi (R) sebesar 0,568 (F = 19,371 : sig < 0,05) dan koefisien determinasi (R2) 0,3226. Ini menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa. dengan demikian minat dan perhatian orang tua secara bersama-sama memberi pengruh positif dan signifikan sebesar 32,26%terhadap prestasi belajar, sedangkan 67,74%dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Kata kunci: Minat Belajar, Perhatian Orang Tua dan Prestasi Belajar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: