UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT SISWAKELAS XI NKPI I SMK NEGERI 1 PURING KEBUMEN

Puput Minanti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Kewirausahaan di Kelas XI NKPI I SMK Negeri 1 Puring Kebumen tahun 2017. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dapat meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan pada Siswa Kelas XI NKPI 1 SMK Negeri 1 Puring tahun 2017. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan dengan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal pada siklus I  sebanyak 19 dari 27 siswa atau 70,37% meningkat pada siklus II sebanyak 5 siswa  menjadi 24 dari 27 siswa atau 88,89%.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Kewirausahaan.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: