PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA NEGERI 7 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Zally Astuti Sudaryana

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas X  SMA Negeri 7 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian 286 siswa diambil sampel 158 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan perhatian orang tua siswa kelas di X SMA Negeri 7 Purworejo pada kategori baik 41,13%, kemandirian belajar pada kategori baik 45,56% dan prestasi belajar pada kategori sangat baik 38,60%. Berdasarkan perhitungan korelasi parsial menunjukkan bahwa: (1) perhatian orang tua memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 19,71% (rx1y = 0,444; t = 6,172; sig < 0,05), (2) kemandirian belajar memberi pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 26,52% (rx2y = 0,515; t = 7,473; sig < 0,05). Hasil analisis korelasi ganda mengungkapkan ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama dari perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar sebesar 31,00% (R = 0,557; F = 34,801; sig < 0,05).

Kata Kunci : perhatian orang tua, kemandirian belajar, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: