PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KUTOWINANGUN KEBUMEN

Watiah Watiah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatan aktivitas, kerjasama dan peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kutowinangun Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kutowinangun Kebumen. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas, kerjasama dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ekonomi dengan menggunakan pendekatan Inkuiri Terbimbing. Pada siklus I rata-rata aktivitas siswa15,6 dengan persentase 43,5% (kurang), siklus II meningkat menjadi 27,78 persentase 85.9% (sangat baik). Pada siklus I rata-rata kerjasama siswa 6,7 dengan persentase 42,41% (kurang), siklus II meningkat menjadi 13,1 persentase 79,46% (baik). Berdasarkan nilai hasil belajar diperoleh data pada siklus I nilai rata-rata siswa 75.09 ketuntasan belajar mencapai 85%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa naik menjadi 86,4 ketuntasan belajar 90%.

 

Kata kunci: aktivitas, kerjasama, hasil belajar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: