PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA

Riani Novitasari

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar kelas X 3 SMA Negeri 2 Kroya Cilacap pada pokok bahasan Konsumsi dan Investasi dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X 3 yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu metode tes, metode observasi dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, prestasi belajar siswa meningkat dari 21,42% menjadi 71,43% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 85,19% pada siklus II. Peningkatan ini berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar. Rata-rata nilai siswa meningkat 67,71 dengan presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 21,42% pada prasiklus menjadi 77,43 dengan ketuntasan menjadi 71,43% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 85,44 dengan ketuntasan 85,19% pada siklus II.

Kata kunci : Group Investigation (GI), Prestasi Belajar.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: