PENGARUH BIAYA MUTU PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP LABA USAHA PEDAGANG DAWET IRENG DI DESA BUTUH KECAMATAN BUTUH KABUPATEN PURWOREJO.

Agus Sri Wahyuni

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya  Pengaruh Biaya, Mutu Produk Dan Strategi Pemasaran terhadap Laba Usaha Pedagang Dawet Ireng Di Desa Butuh Kabupaten Purworejo. Populasi penelitian 15 pedagang, dan seluruhnya dijadikan responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, Analisis data mengunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif, variabel biaya pada kategori baik 40%, variabel mutu produk pada kategori cukup 80%, variabel mutu strategi pemasaran pada kategori cukup 53,3% dan variabel laba pada kategori cukup 46,6% . Berdasarkan  analisis kuantitatif, menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang positif antara biaya terhadap laba usaha  sebesar 75,34% (rx2y = 0,868, t= 5,808; sig<  0,050), (2) ada pengaruh yang positif antara mutu produk terhadap laba usaha sebesar 64,80% (rx2y = 0,805, t= 4,499 ; sig< 0,050), (3) ada pengaruh yang positif antara strategi pemasaran terhadap laba usaha sebesar 38,56% (rx1y=0,621, t=19,060; sig<0,050), (4) ada pengaruh yang positif antara Biaya, mutu produk dan strategi pemasaran terhadap laba usaha Pedagang Dawet Ireng Di Desa Butuh Kabupaten Purworejo sebesar 83,90% (R= 0,916, R2= 0,8390, F=19,060; sig< 0,050).

Kata kunci : Biaya, Mutu Produk, Strategi Pemasaran, Laba

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: