PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KREATIVITAS BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK MUHAMMADIYAH 1 WONOSOBO

Prasetyo Wahyu Utomo

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif dan siginifikan antara penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga terhadap kreativitas berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama sama.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo yang berjumlah 70 siswa. Dengan taraf kesalahan 5% diambil sampel 58 siswa, pengambilan sampel secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan analisis dokumen. Dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatifHasil analisis deskriptif menunjukkan presentase tertinggi variabel penggunaan media sosial berada pada kategori kurang (50%), variabel lingkungan keluarga berada pada kategori baik (63,79%), dan variabel kreativitas berwirausaha berada pada kategori tinggi (56,90%). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media sosial terhadap kreativitas berwirausaha sebesar 11,20% (r = 0,336, thitung = 2,645, sig < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap kreativitas berwirausaha sebesar 11,30% (r = 0,337, thitung = 2,651, sig < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga secara simultan terhadap kreativitas berwirausaha (R = 0,445 dan Fhitung = 6,788, sig < 0,05) dengan (R)2 = 0,198 sumbangan 19,8% sedangkan 80,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hipotesis diterima dan dikatakan positif karena Fhitung bernilai positif serta signifikan karena hasil signifikan <0,05.

Kata kunci : Media Sosial, Lingkungan Keluarga, Kreativitas Berwirausaha.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: