PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BULUS PESANTREN KABUPATEN KEBUMEN

Khabibah Khabibah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua, motivasi dan minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Buluspesantren Kebumen secara simultan maupun partial terhadap prestasi belajar. Populasi penelitian siswa kelas X SMA Negeri 1 Buluspesantren berjumlah 103 . Sampel penelitian berjumlah 78 siswa, ditentukan menggunakan  tabel yang dikembangkan  oleh Isaac Michael dengan taraf kesalahan 5%. Hasil analisis deskripsif menunjukan bahwa perhatian orang tua berada pada kategori tinggi 60,26%, motivasi pada kategori tinggi  50%, minat belajar siswa pada kategori cukup 53,85% dan prestasi belajar pada kategori cukup 57,70%. Berdasarkan analisis kuantitatif disimpulkan ada pengaruh positif dan signifikan antara pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar  16,24%(rx1y = 0,403, thitung 3,783 ; sig < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi terhadap prestasi belajar siswa  26,01% ( rx2y = 0,510 thitung 5,101 ; sig < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa  21,62% ( rx3y = 0,465, thitung 4,522 ; sig < 0,05). Ada pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orang tua, motivasi dan minat  belajar siswa secara bersama-sama 46,10% (R= 0,679; Fhitung= 21,125; sig < 0,05) dan sisanya 53,90% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 56,428 + 0,200 X1 + 0,259 X2 + 0,240 X3 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.

Kata kunci : perhatian, motivasi ,minat  dan prestasi .


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: