PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 6 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ririn Andriyani

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian 92 siswa diambil sampel 72 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan kedisiplinan belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Purworejo pada kategori baik 51,39%, lingkungan belajar pada kategori cukup 54,17% dan prestasi belajar pada kategori baik 84,72%. Berdasarkan perhitungan korelasi parsial menunjukkan bahwa: (1) kedisiplinan belajar memberikan pengaruh sebesar 17,30% (rx1y = 0,416; t = 3,805; sig < 0,05) terhadap prestasi belajar, (2) lingkungan belajar memberi pengaruh sebesar 9,67% (rx2y = 0,311; t = 2,718; sig < 0,05) terhadap prestasi belajar. Hasil analisis korelasi ganda mengungkapkan ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama dari kedisiplinan belajar dan lingkungan belajar sebesar 79,70% (R = 0,893; F = 135,226; sig < 0,05) terhadap prestasi belajar.

Kata Kunci : kedisiplinan belajar, lingkungan belajar, prestasi belajar

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: