PENGARUH PERENCANAAN BELAJAR DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR

Hidayati Hidayati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh perencanaan belajar dan minat baca siswa baik secara parsial maupun bersama – sama terhadap prestasi hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Petanahan Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen, (2) besarnya pengaruh perencanaan belajar dan minat baca siswa baik secara parsial maupun bersama – sama terhadap prestasi hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Petanahan Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa perencanaan belajar berada pada kategori cukup sebesar 44,87%, dan minat baca siswa pada kategori kurang sebesar 39,74% dan prestasi hasil belajar pada kategori baik sebesar 97,44%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukan bahwa (1)variable perencanaan belajar secara parsial memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi hasil belajar sebesar 25,51% (thitung=5,117; sig 0,000<0,05), (2) variable minat baca siswa secara parsial memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi hasil belajar sebesar 29,48% (thitung=5,595; sig 0,000<0,05). (3) pengaruh semua variabel bebas secara bersama – sama memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat sebesar 51,6% (Fhitung = 40,023; sig 0,000<0,05; R=0,719; R2=0,516) dan sisanya 48,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan koefisien regresi Y = 62,043 + 0,226X1 + 0,250X2 dengan demikian hipotesis dapat diterima.

Kata Kunci:Perencanaan, Minat, Hasil, Prestasi


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: