PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 25 PURWOREJO

Sri Ajekria

Abstract


ABSTRAK

Penelltian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan internet terhadap hasii beiajar siswa kelas Viii SMP Negeri 25 Purworejo (2) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang positif dan signlflkan ai1tara motivasi bela]ar terhadap hasil belnjar siswa kelas Viii SMP Negeri 25 Purworejo (3) Mengetahui ada dan tldaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan Internet dan motlvasi belajar terhadap hasil beiajar siswa kelas Viii SMP Negeri 25 PurworeJo. Populasl peneiltlan Inl adalah seluruh slswa kelas Viii SMP Negeri 25 Purworejo tahun 2014/2015 dengan jumlah 120 orang. Sampei peneiltian Inl ber]umiah 89 anggota, dltentukan dengan pedoman pada table /(rejcie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Il1strumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang masing - maslng sudah diujl cobakan dan telah memenuhl syarat valldltas dan reliabilitas. Anallsls data yang digunakan adaiah analisis deskrlptif dan kuantitatif. I-Iasii anailsls dlskrlptlf metlunjukkan bahwa penggunaan internet slswa dlnyatakan baik karena frekuensl terbanyak terdapat pada skor 26 - 33, yakni sebesar 58,42%, varia bel rnotlvasl belaJar siswa dlnyatakan baik karena frekuensi terbanyak terdapat pada skor 26 - 33, yaknl sebesar 42,76%, variabei hasil bela]ar siswa memilild frekuensi terbanyak berada pada skor 61 -73 yakni persentase sebesar 47,5%, Anoiisis kuantitatif, diperoleh data koefislen I<orelasi antara penggunaan internet terhadap hasil belajnr siswa sebesar 0,980. Dan dari uji t diperoleh tlllto", =43,453 dengan sig 0,000. I<arena sig '" 0,000 < 0,05 maka depat dikatakan slgnifikan, berartl hlpotesls pertama cliterima dimana adanya pengaruh yang positif dan signiflkan antara penggunaan internet terhadap hasil belajar siswa sebesar 96,04%. Dari variabel motivasl belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dlperoleh koeflslen koreiasi sebesar 0,991. Dan darl uji t dlperoleh t I1lh,"' '" 65,664 dengan sig 0,000. I<arena sig '" 0,000 <0,05 maka dapat dikatakan slgnifikan, berarti hlpotesls pertarna dlterima dimana adanya pengaruh yang posltlf dan slgniflkan antara motlvasi terhadap hasil belajar siswa sebesar 98,20%. BNdasarkan anailsls koreiasi ganda diketahui koefislen ganda (R) sebesar 0,994. Hasli ujl F dlperoleh FIlltu", sebesar 3178,741 dengan slg '" 0,000. Karena sig 0,000 < 0,05 maka dapat dlkatakan bahwa penggunaan Internet dan motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan slgnlflkan terhadap hasil belajar siswa sebesar 98,8%, sedangkan sisa 1,2% dlpengaruhi oleh varlabellaln yang tldak diteilti.

kata kunci : penggunaan internet, rnotivasi beiajar, hasil belajar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: