PENGARUH FAKTOR PERSONAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA

Presta Yanuar Irawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara faktor personal berupa memenuhi kebutuhan fisik atau jasmaniah, perasaan, keadaan jasmani, kondisi mental, kebutuhan berprestasi, manajemen pribadi, kebutuhan akan kebebasan, nilai-nilai pribadi, dan pengalaman secara parsial maupun simultan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo  yang berjumlah 354orang mahasiswa,dan menggunakan sampel sebanyak 150 responden. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang sebelumnya telah diujicoba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas sedangkan untuk membuktikan hipotesis penelitian maka peneliti menggunakan analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil analisis data diketahui: 1) nilai koefisien regresi (b) kebutuhan fisik atau jasmaniah (X1) sebesar 0,255 (signifikansi = 0,016; t = 2,442); perasaan (X2) sebesar 0,223 (signifikansi = 0,046; t = 2,015); keadaan jasmani (X3) sebesar 0,251 (signifikansi 0,010; t = 2,624); kondisi mental (X4) sebesar 0,170 (signifikansi = 0,022; t = 2,308); kebutuhan berprestasi (X5) sebesar 0,227 (signifikansi = 0,041; t = 2,064); manajemen pribadi (X6) sebesar 0,239 (signifikansi = 0,031; t = 2,173); kebutuhan akan kebebasan (X7) sebesar 0,183 (signifikansi = 0,039; t = 2,082); nilai-nilai pribadi (X8) sebesar 0,461 (signifikansi = 0,000; t = 4,468); pengalaman (X9) sebesar 0,198 (signifikansi = 0,046; t = 2,010); Hal ini berarti kebutuhan fisik atau jasmaniah (X1), perasaan (X2), keadaan jasmani (X3), kondisi mental (X4), kebutuhan berprestasi (X5), manajemen pribadi (X6), kebutuhan akan kebebasan (X7), nilai-nilai pribadi (X8), dan pengalaman (X9) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha (Y); 2) nilai F sebesar 12,879 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (R2 = 0,418 atau 41,8%). Hal ini berarti kebutuhan fisik atau jasmaniah (X1), perasaan (X2), keadaan jasmani (X3), kondisi mental (X4), kebutuhan berprestasi (X5), manajemen pribadi (X6), kebutuhan akan kebebasan (X7), nilai-nilai pribadi (X8), dan pengalaman (X9) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha (Y). Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima. Pengaruh faktor personal terhadap minat berwirausaha sebesar 41,8%, sisanya sebesar 58,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.

Kata kunci: faktor personal, minat berwirausaha


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: