PENGARUH PELAYANAN DAN PEMILIHAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI OLEH KONSUMEN DI TOKO SWALAYAN ALFAMART KLEDUNG PURWOREJO
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh lokasi terhadap keputusan membeli barang di toko Swalayan Alfamart Kledung Purworejo. (2) ada tidaknya pengaruh pelayanan terhadap keputusan membeli konsumen di toko Swalayan Alfamart Kledung Purworejo. (3) ada tidaknya pengaruh lokasi dan pelayanan terhadap keputusan membeli konsumen di toko Swalayan Alfamart Kledung Purworejo. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampel Kuota atau Quota Sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis Deskriptif menunjukkan bahwa : Variabel pelayanan konsumen pada kategori baik yaitu sebanyak 70%. Variabel lokasi pada kategori strategis yaitu sebanyak 62%. Variabel keputusan konsumen pada kategori sangat tinggi yaitu sebanyak 70%. Analisis Kuantitatif menunjukkan bahwa: (1) variabel pelayanan diperoleh (rx1y = 0,657; t hitung= 5,976; sig < 0,05), pegaruhnya sebesar 43,16 % terhadap keputusan membeli. (2) variabel lokasi diperoleh (rx2y = 0,430; t hitung= 3,265; sig < 0,05), pegaruhnya sebesar 18,49 % terhadap keputusan membeli. (3) Berdasarkan uji F, diperoleh nilai (rx1y = 0,966; Fhitung = 327,593; sig < 0,05) sehingga dapat diketahui bahwa Pelayanan dan Lokasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan sebesar 93,30% terhadap keputusan membeli.
Kata kunci : pelayanan, lokasi, keputusan membeli
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: