PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN INSTRUMEN PEMBELAJARAN TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMKN 3 PURWOREJO
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Ada tidaknya Pengaruh Motivasi Belajar dan Instrumen Pembelajaran Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa SMKN 3 Purworejo.Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 30 siswa diambil sampel 28 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berada pada kategori cukup 42,85%, motivasi belajar berada pada kategori 46,42% dan instrumen pembelajaran berada pada kategori cukup sebesar 39,29%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa hasil belajar memberi pengaruh yang positif dan signifikan dengan motivasi belajar dan instrumen pembelajaran siswa SMKN 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil perhitungan analisis regresi ganda diperoleh koefisien regresi sebesar 0,278(Fhitungsebesar 12,077 dengan sig 0,001 < 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,077 maka sumbangan yang diberikan oleh motivasi belajar dan instrument pembelajaran sebesar 7,70% hal ini berarti 92,30% dipengaruhi faktor lain. dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.
Kata kunci : Hasil Belajar, motivasi belajar, instrumen pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: