PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN INTENSITAS DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI 7 PURWOREJO

Tri Endang Mariyaningrum Mariyaningrum

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara media pembelajaran dan intensitas dukungan keluarga terhadap hasil belajar akuntansi siswa baik secara sendiri-sendiri  maupun bersama-sama. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Kerjcie dengan taraf kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode analisis dokumen dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif menggunakan korelasi product moment. Anaisis deskriptif menunjukkan bahwa media pembelajaran tergolong cukup dengan persentase 53,70%, intensitas dukungan keluarga tergolong cukup dengan persentase 61,11% dan hasil belajar siswa tergolong cukup dengan persentase 48,15%. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif media pembelajaran diperoleh hasil r=0,811, thitung=9,908 dan sig=0,00, intensitas dukungan keluarga diperoleh hasil r=0,873, thitung=12,778 dan sig=0,00. Ada pengaruh positif dan signifikan antara media pembelajaran dan intensitas dukungan keluarga terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan perhitungan R=0,926, Fhitung=152,945 dan sig=0,000, sedangkan R2=0,875 dan Adjust Rsquare=0,851, berarti ada pengaruh positif sebesar 85,10%.

Kata kunci : media pembelajaran, intensitas dukungan keluarga, hasil belajar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: