HUBUNGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU EKONOMI DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI

Cahyana Nursidiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara: Persepsi siswa terhadap keterampilan komunikasi interpersonal guru ekonomi dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 127 siswa. Subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 79 siswa yang terdiri dari kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 SMA Negeri 1 Surakarta. Data diperoleh dengan angket dan dokumentasi, teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi.Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan:Ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap keterampilan komunikasi interpersonal guru dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi, hal ini didasarkan hasil perhitungan yang menunjukan >rtabel atau 0,556 > 0,227.

 

Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: