PENGARUH TINGKAT PENDIDKAN ORANG TUA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP N 3 WADASLINTANG WONOSOBO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah tingkat pendidikan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP N 3 Wadaslintang Wonosobo. (2) Apakah gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP N 3 Wadaslintang Wonosobo.(3) Apakah tingkat pendidikan orang tua dan gaya belajar secara bersama–sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP N 3 Wadaslintang Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 3 Wadaslintang berjumlah 72 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 62 siswa, ditentukan dengan berpedoman pada tabel Krejcie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode observasi dan metode kuesioner atau angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan komputer program SPSS 16.0 For Windows .Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orang tua berada pada kategori cukup sebesar 53,23 %, gaya belajar pada kategori cukup sebesar 40,32 % dan prestasi belajar siswa pada kategori sangat tinggi sebesar 37,10 %. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa dengan harga( rx1y = 0,407 ; sig 0,000; t hitung = 3,716), (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan harga( rx2y = 0,429 ; sig 0,000 ; t hitung = 3,919 ). Berdasarkan analisis regresi ganda, diperoleh koefisien regresi ( R)= 0,542 dengan harga F hitung= 12,270 dan koefisien determinasi (R2)= 0,294. Besarnya pengaruh yang positif dan signifikan antara antara tingkat pendidikan orang tua dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa 29,40%, sedangkan sisanya yaitu 70,60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y= 37,984 + 3,714X1 + 0,504X2, dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.
Kata Kunci : Tingkat Pendidikan Orang Tua, Gaya Belajar, Prestasi Belajar SiswaFull Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: