ANALISIS STRATEGI SWOT UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN MIE SOUN GELANG INDAH CILACAP

Diyah Mumpuni

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan analisis strategi SWOT dapat meningkatkan volume penjualan pada perusahaan Mie Soun Gelang Indah Cilacap. Penelitian dilaksanakan pada Perusahaan Mie Soun Gelang Indah Cilacap pada tanggal 4 Mei sampai dengan 17 Mei tahun 2013. Data dikumpulkan melalui observasi  dan interview dan dianalisis menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa analisis SWOT dapat meningkatkan volume penjualan perusahaan Mie Soun Gelang Indah Cilacap. Analisis SWOT membantu perusahaan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki perusahaan. Analisis terhadap kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman digunakan untuk menyusun strategi yang tepat dalam upaya meningkatkan volume penjualan, dari 78.965 kilogram menjadi  88.056 kilogram. Hasil dari analisis matrik IE menunjukkan bahwa Perusahaan Mie Soun Gelang Indah Cilacap berada pada sel V yaitu posisi strategi hold dan mentain (mempertahankan dan pelihara). Strategi yang diterapkan adalah market penetration dan product development.

Kata Kunci: SWOT, Volume Penjualan

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: