PERMAINAN MATEMATIKA SEBAGAI METODE ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR
Abstract
Salah satu upaya untuk mengurangi kesenjangan antara tuntutan mempelajari matematika yang abstrak dengan kesiapan intelektual anak didik adalah mengajak siswa mempelajari matematika melalui permainan matematika. Untuk itu guru diharapkan dapat menciptakan kegiatan permainan matematika disesuaikan dengan pokok bahasan yang sedang dipelajari dan sesuai dengan tingkat intelektual anak John Peaget (dalam Fremon, 1969) menyatakan bahwa anak usia SD dan SMP masih berada dalam tahap operasi konkret, maka pendekatan disesuaikan dalam pembelajaran matematika. Diusahakan konsep yang abstrak dalam matematika dapat dimanipulasi menjadi objek yang konkret sehingga mudah dimengerti oleh si anak.
Sesuai dengan kodratnya anak senang bermain, jika pelajaran dengan disajikan dalam bentuk permainan yang menyenangkan, maka dalam diri anak akan tumbuh rasa senang belajar matematika.
Kata Kunci: metode pembelajaran, permainan
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.