PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN SETTING CANDI BOROBUDUR

Edi Riyanto, Teguh Wibowo, Riawan Yudi Purwoko, Wharyanti Ika Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta belum tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan latar belakang budaya yang ada pada siswa di Indonesia.Oleh karena itu, hasil akhir dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk yang berupa Lembar Kerja Siswa matematika yang menggabungkan materi dan nilai budaya khususnya Candi Borobudur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan produk LKS Sekolah Dasar berbasis Etnomatematika dengan setting Candi Borobudur pada materi bangun datar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pada penelitian iniĀ  hanya meliputi tahap analysis, tahap design, dan tahap development. Penelitian ini telah menghasilkan Lembar Kerja Siswa yang mengintegrasikan Etnomatematika Candi Borobudur pada materi bangun datar yang valid. Kriteria kevalidan diperoleh dari penilaian 6 validator yaitu 2 ahli media dengan rata-rata 3,3, 2 ahli materi dengan rata-rata 3,4 dan 2 ahli pembelajaran dengan skor 3,5. Rata-rata dari keseluruhan penilaian yaitu 3,4 dengan kategori valid.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/jipm.v2i1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPM
Department of Mathematics Education
Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.