LEVEL PENALARAN ALJABAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Ericha Putri Puspitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level penalaran aljabar siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini 3 siswa kelas V sekolah dasar di Purworejo. Teknik pengambilan subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah snowball. Pengumpulan data menggunakan aktivitas pembelajaran dengan media pendukung berupa Lembar Kerja Siswa, lembar obser-vasi, catatan lapangan dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dari Miles & Hubermen yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat aktivitas pada pembelajaran matematika yang belum masuk pada level penalaran aljabar yang dikemukakan oleh Godino yaitu level 1,5. Tahapan tersebut terlewati secara bertahap dari level 0 sampai level 3 dan melewati level 1,5 yaitu mengaitkan konsep bangun persegi dengan simbol aljabar sebelum sampai pada level 2. Aktivitas subjek yang dilakukan pada level ini lebih pada pengkaitan objek dengan konsep lain dalam pembelajaran matematika.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/jipm.v1i1.5813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIPM
Department of Mathematics Education
Universitas Muhammadiyah Purworejo


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.