PENGARUH FAKTOR SOSIAL DAN KOGNITIF TERHADAP PERSEPSI KEGUNAAN MAGNETIC RESONANCE IMAGING (MRI)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang digunakan di bidang kesehatan salah satunya adalah teknologi pemindai (scanning) tubuh. Magnetic Resonance Imageing (MRI) merupakan metode scanning tubuh yang dapat memeriksa kelainan jaringan dan sel tubuh. MRI merupakan
teknologi canggih yang diadopsi di rumah sakit Yogyakarta. Tujuan penelitian ini mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat pemanfaatan teknologi MRI karena Penggunaan MRI tidak akan berjalan maximal jika terdapat resistansi atau penolakan dari penggunanya.
Analisis prediktor persepsi kegunaan MRI pada radiografer menggunakan pendekatan model Technology Acceptance Model 2 (TAM2). Terdapat dua faktor yang mempengaruhi persepsi kegunaan yaitu faktor sosial dan kognitif. Faktor sosial yang di teliti pada penelitian ini adalah norma subyektif dan pencitraan, sedangkan faktor kognitif yang digunakan adalah faktor kemudahan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa faktor mempengaruhi persepsi kegunaan adalah faktor sosial, baik norma subyektif maupun pencitraan. sedangkan salah satu faktor kognitif (persepsi kemudahan) pada penelitian ini tidak berpengaruh secara signifikan. Uji statistic dilakukan dengan menggunakan metode regresi dengan alat analasis SPSS 19.
Kata kunci: TAM2, faktor sosial, faktor kognitif, persepsi kegunaan.
teknologi canggih yang diadopsi di rumah sakit Yogyakarta. Tujuan penelitian ini mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat pemanfaatan teknologi MRI karena Penggunaan MRI tidak akan berjalan maximal jika terdapat resistansi atau penolakan dari penggunanya.
Analisis prediktor persepsi kegunaan MRI pada radiografer menggunakan pendekatan model Technology Acceptance Model 2 (TAM2). Terdapat dua faktor yang mempengaruhi persepsi kegunaan yaitu faktor sosial dan kognitif. Faktor sosial yang di teliti pada penelitian ini adalah norma subyektif dan pencitraan, sedangkan faktor kognitif yang digunakan adalah faktor kemudahan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa faktor mempengaruhi persepsi kegunaan adalah faktor sosial, baik norma subyektif maupun pencitraan. sedangkan salah satu faktor kognitif (persepsi kemudahan) pada penelitian ini tidak berpengaruh secara signifikan. Uji statistic dilakukan dengan menggunakan metode regresi dengan alat analasis SPSS 19.
Kata kunci: TAM2, faktor sosial, faktor kognitif, persepsi kegunaan.
PENGARUH FAKTOR SOSIAL DAN KOGNITIF TERHADAP PERSEPSI KEGUNAAN MAGNETIC RESONANCE IMAGING (MRI)
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.