DESAIN PENGONTROLAN OBJEK 3D INTERAKTIF BERBASIS NATURAL USER INTERFACE DENGAN MICROSOFT KINECT
Abstract
Pada materi pelajaran Dasar-dasar Mesin, selama ini dijelaskan dengan menggunakan media model
nyata dari sebuah mesin. Metode ini menyulitkan guru karena guru harus membawa model mesin ke
ruang kelas. Guru mengatasinya dengan menyajikan materi pembelajaran menggunakan gambar-gambar
mesin berbentuk sketsa, gambar foto mesin dan gambar model mesin 3D. Hal ini menyulitkan guru
dalam mengontrol materi pembelajaran jika ingin menjelaskan bagian-bagian tertentu. Dalam publikasi
ini diajukan solusi untuk mengontrol model mesin 3D dengan gerakan tangan berbantuan Kinect. Oleh
karena itu perlu dilakukan kajian gerakan tangan yang mudah dioperasikan oleh guru dan seberapa besar
tingkat kebergunaanya. Untuk mencapai tujuan penelitian dilakukan desain dan perancangan aplikasi,
pengembangan aplikasi, pengujian kinerja dan pengujian langsung kepada guru sebagai user. Pengujian
perangkat lunak yang akan dilakukan yaitu pengujian kinerja dan usability. Fungsi memutar objek
model mesin 3D dapat dilakukan dengan mengunci objek terlebih dahulu dengan menggerakkan tangan
kanan ke atas bahu kanan sejauh 30 cm. Untuk memutar objek ke kanan, tangan kanan ke kanan kepala,
memutar ke kiri tangan kiri ke kiri kepala sejauh, memutar ke atas tangan kiri ke atas bahu kiri dan
memutar ke bawah tangan kiri ke bawah bahu kiri sejauh 30 cm. Untuk melakukan perbesaran objek
tangan kanan ke depan bahu kanan, perkecilan objek tangan kiri ke depan bahu kiri sejauh 40 cm.
Kata kunci: Pengontrolan Objek 3D, NUI, Kinect
nyata dari sebuah mesin. Metode ini menyulitkan guru karena guru harus membawa model mesin ke
ruang kelas. Guru mengatasinya dengan menyajikan materi pembelajaran menggunakan gambar-gambar
mesin berbentuk sketsa, gambar foto mesin dan gambar model mesin 3D. Hal ini menyulitkan guru
dalam mengontrol materi pembelajaran jika ingin menjelaskan bagian-bagian tertentu. Dalam publikasi
ini diajukan solusi untuk mengontrol model mesin 3D dengan gerakan tangan berbantuan Kinect. Oleh
karena itu perlu dilakukan kajian gerakan tangan yang mudah dioperasikan oleh guru dan seberapa besar
tingkat kebergunaanya. Untuk mencapai tujuan penelitian dilakukan desain dan perancangan aplikasi,
pengembangan aplikasi, pengujian kinerja dan pengujian langsung kepada guru sebagai user. Pengujian
perangkat lunak yang akan dilakukan yaitu pengujian kinerja dan usability. Fungsi memutar objek
model mesin 3D dapat dilakukan dengan mengunci objek terlebih dahulu dengan menggerakkan tangan
kanan ke atas bahu kanan sejauh 30 cm. Untuk memutar objek ke kanan, tangan kanan ke kanan kepala,
memutar ke kiri tangan kiri ke kiri kepala sejauh, memutar ke atas tangan kiri ke atas bahu kiri dan
memutar ke bawah tangan kiri ke bawah bahu kiri sejauh 30 cm. Untuk melakukan perbesaran objek
tangan kanan ke depan bahu kanan, perkecilan objek tangan kiri ke depan bahu kiri sejauh 40 cm.
Kata kunci: Pengontrolan Objek 3D, NUI, Kinect
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.