EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CIRC DAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi segi empat siswa kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo dengan menggunakan model CIRC lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran problem posing. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh data, bahwa kelas eksperimen I nilai rata-ratanya sebesar 61,88 sedangkan kelas eksperimen II sebesar 56,53. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan , dengan taraf signifikasi diperoleh . Ini artinya yang berarti H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi segi empat siswa kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo dengan menggunakan model pembelajaran CIRC lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran problem posing.
Kata Kunci : soal cerita, CIRC, problem posing
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i1.984
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.