EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN KELAS V SD SE-GUGUS WR. SUPRATMAN DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Nofrita Mauliza Hayati, Abu Syafik, Puji Nugraheni

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah: (1) model Make a Match dapat menghasilkan prestasi yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada materi menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan atau tidak, (2) siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada yang memiliki motivasi sedang dan rendah pada materi menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk  pecahan, (3) prestasi belajar siswa yang diberi model Make a Match dan pembelajaran konvensional konsisten atau tidak untuk tiap-tiap motivasi belajar siswa, dan prestasi belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah konsisten atau tidak untuk tiap-tiap model pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD se gugus W.R. Supratman kecamatan Kaligesing. Sampel dalam penelitian berjumlah 45 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik Pengumpulan  data adalah metode dokumentasi, metode tes, dan metode angket. Uji hipotesis yang digunakan ANAVA dua jalan dengan sel tak sama dengan α = 5% menunjukkan (1) Fa = 0.0668 < 4.08 = Ftabel berarti model Make a Match tidak menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional, (2) Fb = 14.683 > 3.23 = Ftabel berarti prestasi belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada sedang dan rendah dan yang sedang lebih baik daripada yang rendah, (3) Fab = 0.969 < 3.23 = Ftabel berarti karakteristik perbedaan antara model pembelajaran Make a Match dan model pembelajaran konvensional untuk setiap motivasi belajar siswa sama (tidak konsisten).

 

Kata kunci: Model Make a Match, prestasi belajar, motivasi belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i1.983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto