EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KARAKTER BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) prestasi belajar matematika dengan model Pictorial Riddle lebih baik daripada model konvensional; (2) prestasi belajar matematika dengan karakter belajar membudaya (MK) lebih baik dari karakter mulai berkembang (MB), mulai terlihat (MT), dan belum terlihat (BT); dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran dengan karakter belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasinya adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prembun tahun pelajaran 2012/2013. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas control dan kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode angket, metode tes. Teknik pengolahan data menggunakan uji hipotesis menggunakan analisisa variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan prestosi belajar siswa antara yang dikenai model pembelajaran Pictorial Riddle dan konvensional, kemudian dilihat dari rataan marginalnya maka model pembelajaran Pictorial Riddle lebih baik dari model konvensional; (2) semua karakter belajar memberikan efek yang sama terhadap prestasi belajar siswa; (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan karakter belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.
Kata kunci: pictorial riddle, karakter belajar, prestasi belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i1.982
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
![Lisensi Creative Commons](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.