EKSPERIMENTASI PMRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI KUBUS DAN BALOK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII Semester II SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 pada materi kubus dan balok dengan PMRI lebih baik daripada dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa. Tes hasil belajar diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan t pihak kanan. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett pada taraf signifikansi 0,05. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh 3,340, sedangkan sehingga thitung>. Oleh karena itu, sehingga ditolak. Jadi, hasil belajar matematika menggunakan PMRI lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: hasil belajar, PMRI, Jigsaw
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i1.981
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.