PENINGKATAN MINAT SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS VIIC SMP N 14 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ika Febrianti, Puji Nugraheni, Heru Kurniawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika dan apakah model pembelajaaran Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIC SMP N 14 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 orang. Metode Pengumpulan data penelitian ini yaitu metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi dan tes evaluasi belajar matematika siswa pada setiap siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa meningkat dari 79,88%  pada siklus I, menjadi 85,31 %  pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan rerata hasil belajar yaitu dari 65,06 pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 65,2% menjadi 79,06 pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 78,12%. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka model pembelajaran team quiz efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIIC SMP N 14 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013.

Kata kunci: Team Quiz, minat, hasil belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i1.979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.