DESKRIPSI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERKARAKTER DARI SEGI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU SMK SE-KABUPATEN PURWOREJO

Sulis Setyaningsih, Mujiyem Sapti, Isnaeni Maryam

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran bagaimanakah pelaksanaan pendidikan berkarakter yang terintegrasi dalam mata pelajaran matematika dari segi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di SMK Se-Kabupaten Purworejo pada tahun pelajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi RPP, dan wawancara. Hasil analisis data menunjukan bahwa keterlaksanaan implementasi pendidikan berkarakter dari segi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru mata pelajaran matematika SMK se-Kabupaten Purworejo sudah terlaksana dengan cukup baik, namun belum maksimal. Hal ini ditunjukkan dari persentase hasil perhitungan angket yang memuat implementasi pendidikan karakter sebesar 66 %, dan dari analisis pada komponen-komponen RPP sebesar 69,64 %. Adapun kekurangan yang terjadi pada komponen-komponen RPP yaitu pada komponen tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar.

 

Kata kunci: RPP, pendidikan berkarakter


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i1.973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto