EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL NUMBERRED HEAD TOGETHER SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK TAMTAMA KARANGANYAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika dengan model Numbered Head Together lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika dengan metode ekspositori materi matriks pada siswa kelas X Akuntansi SMK Tamtama Karanganyar Kebumen tahun pelajaran 2012. Metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi berupa data nilai matematika pada ujian akhir semester ganjil dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi matriks. Hasil uji normalitas diperoleh berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukan hasil pengujian homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan = 5% menunjukkan tobs lebih besar daripada ttabel (1,919 > 1,645) dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika dengan model Numbered Head Together lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika dengan metode ekspositori materi matriks pada siswa kelas X Akuntansi SMK Tamtama Karanganyar Kebumen tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: prestasi belajar, Numbered Head Together, ekspositori
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i1.971
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.