ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Emmelia Refina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sapuran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dan Tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pemecahan masalah matematika pada siswa yang berkemampuan matematika tinggi memenuhi tiga indikator yaitu menganalisis (Analyze) mampu membedakan, mengorganisasikan, dan mengatribusikan masalah dengan baik, karena siswa dapat memahami kalimat dengan baik, selain itu siswa dapat mengetahui dengan tepat informasi dalam soal dan yang ditanyakan serta mengidentifikasi masalah yang diberikan untuk menyelesaikan masalah kemudian siswa mempunyai kemampuan mengevaluasi (Evaluate) yaitu mampu mengkritisi masalah dan memeriksa kembali penyelesaian masalah dan yang terakhir siswa mempunyai kemampuan menciptakan (Create) yaitu mampu merumuskan masalah, merencanakan penyelesaian masalah, dan memproduksi suatu cara untuk menyelesaikan soal yang diberikan dengan hasil yang sama.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v48i1.8601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.