ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Anisa Erdina

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil analisis kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan subjek untuk memperoleh siswa dengan gaya belajar berbeda menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing. Teknik keabsahan dengan triangulasi jenis triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan gaya belajar kinestetik secara umum memenuhi indikator representasi visual, representasi simbolik, dan representasi verbal. Siswa dengan belajar kinestetik cenderung menggambar sketsa kurang rapi tanpa ukuran, menuliskan informasi bentuk narasi, menggunakan simbol matematis dengan jelas, serta menulis penjelasan singkat dan kurang jelas.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i4.8598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.