ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN LANGKAH BRANSFORD & STEIN PADA SISWA CLIMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal open-ended menggunakan langkah Bransford & Stein pada siswa climber.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Mengidentifikasi masalah, siswa climber menghubungkan informasi pada soal dengan pengetahuan dalam pikirannya dan menuliskan informasi yang didapatkan dengan mengubah kalimat yang ada pada soal menjadi simbol matematika; (2) Menentukan tujuan, setelah mengidentifikasi masalah, siswa climber mengembangkan informasi dari masalah yang telah diidentifikasi untuk menetapkan tujuan yang ingin dicapai dan menuliskannya dengan simbol matematika yang sesuai; (3) Mengeksplorasi strategi yang mungkin, siswa climber mencoba berbagai cara dalam memecahkan masalah, diantaranya adalah menggunakan gambar, perhitungan secara manual, maupun gambar dan manual, serta menggunakan rumus; (4) Mengantisipasi hasil dan tindakan, siswa climber melakukan perhitungan yang benar dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan strategi yang dipilih; (5) Melihat kembali dan belajar, siswa climber menuliskan kesimpulan untuk menyelesaikan masalah.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i4.8595
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.