ANALISIS HOTS LOTS SOAL MATEMATIKA PADA LKS KELAS VIII DITINJAU DARI TAKSONOMI BLOOM REVISI

Nuralita Nuraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori dan komposisi HOTS dan LOTS pada soal Uji Kompetensi LKS Penerbit CV Aviva. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan kajian isi. Sumber data dari penelitian ini adalah soal Uji Kompetensi dalam Buku LKS Pakar SMP Kelas VIII Penerbit CV Aviva. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Dari hasil analisis yang diperoleh bahwa soal Uji Kompetensi dalam Buku LKS Pakar SMP Kelas VIII Penerbit CV Aviva menggunakan Taksonomi Bloom Revisi ranah kognitif yaitu, ditemukan soal yang memuat aspek kognitif mengingat (C1), memahami (C2), menerapkan (C3), dan menganalisis (C4). Dari 30 soal yang dianalisis terdapat 76% (19 soal) tipe Lower Order Thinking Skill (LOTS) dan 24% (6 soal) tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk jenis soal pilihan ganda, 40% (2 soal) tipe Lower Order Thinking Skill (LOTS) dan 60% (3 soal) tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk jenis soal essay.

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i3.8591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.