ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TERBUKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

Devy Anggi Anggraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah terbuka ditinjau dari adversity quotient (AQ). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP yang sudah menerima materi SPLDV dan memiliki kecerdasan adversity quotient tipe climber dan camper. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah purposive. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik dari Miles & Hubermen yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa camper dalam menyelesikan masalah terbuka pada materi SPLDV mampu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi, dan menarik kesimpulan dari pernyataan dengan percaya diri. Tetapi belum melakukan pengecekan kembali dan menemukan cara baru. Sedangkan siswa climber dalam menyelesikan masalah terbuka pada materi SPLDVmampu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika dengan menemukan cara baru dan memeriksa jawaban kembali, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i3.8589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.