ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TERBUKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah terbuka ditinjau dari adversity quotient (AQ). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP yang sudah menerima materi SPLDV dan memiliki kecerdasan adversity quotient tipe climber dan camper. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah purposive. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik dari Miles & Hubermen yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa camper dalam menyelesikan masalah terbuka pada materi SPLDV mampu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi, dan menarik kesimpulan dari pernyataan dengan percaya diri. Tetapi belum melakukan pengecekan kembali dan menemukan cara baru. Sedangkan siswa climber dalam menyelesikan masalah terbuka pada materi SPLDVmampu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika dengan menemukan cara baru dan memeriksa jawaban kembali, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i3.8589
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.