PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING LEARNING

Miftahurrohman Chamid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan metode PSL. 2) Peningkatan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan metode Problem Solving Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII B berjumlah 32 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan metode Problem Solving Learning. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yaitu peningkatan motivasi belajar, dan pemahaman konsep matematis. Metode pengumpulan data ada 4 metode, yaitu angket, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Rerata persentase motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika menunjukkan peningkatan pada tiap siklusnya. Hasil prasiklus sebesar 63,4% meningkat menjadi 69,3% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 78,5% dan pada siklus III meningkat menjadi 79,5%. 2) Rerata persentase pemahaman konsep matematis pada siklus I sebesar 59,2% meningkat menjadi 72,1 % pada siklus II dan menjadi 80,2% pada siklus III.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i3.8587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.