Pengembangan LKS Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Kubus dan Balok
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan (valid, praktis, dan efektif) LKS Matematika Berbasis RME untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Peneliti ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yakni mengembangan LKS Berbasis RME untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif Sadang Kebumen tahun pelajaran 2019/2020. Proses pelaksanaan penelitian pengembangan ini mengikuti langkah penelitian model ADDIE. Kevalidan LKS Matematika berbasis RME diketahui dengan melihat hasil respon validator dengan kriteria yang telah ditentukan. Kepraktisan LKS diukur dari hasil respon siswa setelah menggunakan LKS. Keefektifan LKS Matematika berbasis RME dengan melihat hasil ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil analisis data yaitu: (1) LKS matematika berbasis RME layak digunakan untuk siswa kelas VIII, (2) LKS Matematika berbasis RME dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang sisi datar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i3.8583
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.