https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK | Nugroho | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK

Bayu Okto Aji Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika menggunakan multimedia flash untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK. Kriteria kelayakan media yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Media pembelajaran matematika menggunakan flash telah direalisasikan dan tingkat kevalidan media mendapatkan skor rata-rata 4,15 dengan kategori “baik”, tingkat kevalidan materi mendapatkan skor rata-rata 4 dengan kategori “baik”, tingkat kepraktisan mendapatkan skor rata-rata 4,21 dengan klasifikasi “sangat baik”, tingkat keefektifan mendapatkan skor 100% . Hasil skor rata-rata yang diperoleh dari angket motivasi siswa sebelum penggunaan media pembelajaran adalah 3,39 dengan kategori “cukup baik”, sedangkan setelah penggunaan media pembelajaran adalah 3,93 dengan kategori “baik”. Sehingga media pembelajaran matematika menggunakan multimedia flash dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran matriks dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMK.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i2.8571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.