PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT MODEL MATEMATIKA SISWA SMP

Istiqomah .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan membuat model matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di empat desa di Kecamatan Ngombol tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes yang telah divalidasi oleh Dosen Ahli. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment dan analisis regresi sederhana. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas dan uji keberartian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara: kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan membuat model matematika di mana rxy = 0,63. Uji signifikansi koefisien korelasi antara kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan membuat model matematika diperoleh thitung= 5,55 dengan persamaan regresi linear sederhana Y ̂=0,45+41.72X. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan membuat model matematika siswa SMP.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i1.8568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.