EKSPERIMENTASI PENDEKATAN CTL BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Sudaryono, Supriyono, Mita Hapsari Jannah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatancontextual teaching    and learning berbantuan software GeoGebra dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingpendekatan pembelajaran deduktifpadasiswa kelas VII SMP Negeri 2 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh data, bahwa kelas eksperimen nilai rata-ratanya sebesar 51,84 sedangkan kelas kontrol sebesar 50,94. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan , dengan taraf signifikasi  diperoleh . Ini artinya yang berarti H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasibelajarsiswa yang menggunakanpendekatancontextual teaching and learning berbantuan software GeoGebra lebih baik dibandingprestasibelajarsiswa yang menggunakanpendekatandeduktifpadasiswa kelas VII SMP Negeri 2 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2012/2013.

 

Kata Kunci : prestasibelajar, CTL, GeoGebra


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v6i2.842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.