PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE IOC UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Prihati Setyaningsih, Bambang Priyo Darminto, Erni Puji Astuti

Abstract


Abstrak

Penelitianinibertujuanuntukmengungkapkan: (1) penerapan model pembelajarankooperatiftipe IOC dalampembelajaranmatematikapadasiswakelas X MA Ma’arif NU Pituruh; (2) peningkatanhasilbelajarsiswakelas X MA Ma’arif NU Pituruh; (3) peningkatanaktivitasbelajarsiswakelas X MA Ma’arif NU Pituruh. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas yang dilaksanakandalamduasiklus. Tiapsiklusterdiridariperencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Hasilanalisis data yang telahdikemukakan, dapatdisimpulkanbahwa: (1) hasilpengamatanaktivitasbelajarsiswa 62,22% padasiklus I dan80,56% padasiklus II denganindikatoraktivitaspembelajaran>75%; (2) hasilbelajarsiswasecaraklasikalterjadipeningkatandari 71,88% padasiklus I menjadi 84,34% padasiklus II denganindikatorketuntasanklasikal minimal 75%; (3) hasilbelajarsiswadarinilai rata-rata kelasjugamengalamipeningkatandari 72,19 padasiklus I menjadi 74,16 padasiklus II denganindikatornilai rata-rata kelaspadatiapsiklus minimal 70.

Kata Kunci: model pembelajaranIOC,aktivitas  belajar, hasil belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v6i1.836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.