PENERAPAN MODELTGT DENGANPERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD

Nila Khasanah, Bambang Priyo Darminto, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Abstrak

Tujuandalam penelitian ini adalahuntukmengetahuiapakahprestasibelajarmatematikasiswapadamateri pecahandengan model pembelajaran TGT dengan mediapermainanulartanggaakanlebihbaikjikadibandingkandenganpembelajaran model ekspositori.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimen.Populasipenelitianiniadalahsiswakelas IV SD se-gugus Ahmad YanikecamatanPurworejoTahun 2012/2013.Teknikpengambilansampeldilakukansecara cluster random sampling. Validitasdiujidengankorelasiproduct moment, reliabilitastesdiujidenganrumus KR-20.UjiprasyaratAnalisisVariansimenggunakanujiLillieforsuntukujinormalitasdanujiBarlettuntukujihomogenitas.Dengan α = 0.05 diperolehsampelberasaldaripopulasiberdistribusi normal danhomogen.Dari uji hipotesis diperoleh   = 1.7971 1.6702= , dengan α = 0.05, artinyamodel pembelajaran tipe TGT dengan media permainan ular tangga menghasilkan prestasi belajar metematika yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori pada materi pecahan.

 

Kata kunci: TGT dengan media permainan ular tangga, prestasi belajar, pecahan.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v6i1.828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.